SELAMAT MEMBACA!!!

Protected by Copyscape plagiarism checker - duplicate content and unique article detection software.

Kini blog ini fokus menayangkan fanfic Pokemon terpopuler di Indonesia, Servada Chronicles karangan L. Maulana atau yang akrab dipanggil Elite Four L.

PERHATIAN!
Sebagian gambar dan materi dalam blog ini diambil dari internet sementara sebagian lagi murni buatan Elite Four L. Elite Four L tidak akan mengklaim materi yang bukan miliknya. Dilarang mengkopi artikel dalam blog ini tanpa izin dari Elite Four L. Terima kasih.

Nama-nama dan karakter Pokemon adalah hak cipta dari Nintendo, GameFreak, Creatures Inc., dan Pokemon Company. Servada Chronicles adalah hak cipta L. Maulana / Elite Four L.

Senin, 14 Desember 2009

Ground News: Pokémon Ruby & Sapphire

pokemonJumpa lagi bersama Diglett dalam Ground News, berita Negara Pokémon tanah. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ulasan mengenai video game Pokémon yang menampilkan Pokémon tanah legendaris kesayangan kita semua sebagai maskot, apalagi kalau bukan Pokémon Ruby. Berikut ulasan lengkapnya...



Kategori : RPG

Pemain : sampai empat pemain

Penerbit : Nintendo

Pengembang : Game Freak

Rating : semua umur (ESRB)

Tanggal rilis : 21 November 2002 (Jepang), 17 Maret 2003 (USA), 3 April 2003 (Australia), 25 Juli 2003 (Eropa)



Pokémon Ruby Version adalah game dari seri utama Pokémon kedelapan yang rilis bersama dengan Pokémon Sapphire Version, diterbitkan di Jepang tanggal 21 November 2002 dan menjadi awal dari generasi III. Seperti standar sebelumnya, versi ini menampilkan region baru yaitu Hoenn dengan masing-masing memiliki Pokémon eklusif.

Seperti Gold dan Silver sebelumnya, Ruby dan Sapphire (RS) memperkenalkan banyak Pokémon baru, yang mana dengan 135 Pokémon baru menjadikan total Pokémon sebanyak 386. Tidak seperti Gold dan Silver, RS tidak memiliki kompabilitas dengan game-game seblumnya akibat kesulitan komunikasi antara Game Boy Color dengan game-game Game Boy Advance. Akibatnya, banyak aspek internal dari Pokémon yang dapat diperluas, dengan nature sebagai statistik alternatif, sistem IV tambahan, dan satuan baru statistik Pokémon berdasarkan EVs.


RS memperkenalkan Pokémon Contest, yang mana memungkinkan trainer untuk menggunakan Pokémon dengan cara baru di luar pertarungan, dan memperkenalkan Battle Tower untuk permainan kompetitif. Seperti sepasang game sebelumnya, RS juga diikuti versi ketiganya yaitu versi Emerald dua tahun kemudian dan bersama-sama menjadi game Game Boy Advance dengan penjualan terbaik sepanjang masa.


Fitur baru

  • Region baru yang lengkap yaitu Hoenn.
  • 135 Pokémon baru, menjadikan total angka Pokédex nasional menjadi 386.
  • Lebih dari 100 move baru.
  • Pokémon sekarang memiliki special abilities.
  • Kombinasi tipe elemen baru seperti Water dengan Grass dan Ghost dengan Dark.
  • Pokémon Contest yang memungkinkan Pokémon berkompetisi dalam lima area berbeda.
  • Diperkenalkannya Running Shoes.
  • Ikon terpisah untuk masing-masing Pokémon, walalupun ikonnya sama untuk Spinda.
  • Double battles dimana dua Pokémon melawan dua Pokémon lainnya.
  • Daftar baru TM, dengan beberapa yang tetap dipertahankan dari generasi I dan II.
  • Weather effects pada beberapa area tertentu.
  • Weather condition baru: Hail.
  • Set baru berri.
  • Fungsi rekan campuran, yang bisa dilakukan dengan dua sampai empat pemain.
  • Pokeblock yang berfungsi, dimana bisa dimainkan sendirian atau sampai empat pemain.

Jalan cerita

(mengandung spoiler)

Trainer memulai perjalanan, seperti biasanya, saat dia ditanyai oleh Profesor yang kali ini bernama Birch mengenai apa jenis kelaminnya dan juga namanya. Setelah itu trainer akan berada di dalam van yang bergerak. Van ini baru saja datang dari Johto, dimana keluarga trainer tinggal sebelumnya, tetapi setelah ayah trainer, Norman menjadi pemimpin Gym Petalburg, sekeluarga pindah ke Hoenn. Setelah van-nya pergi, dia akan memasuki sebuah rumah (rumah trainer tentunya) dan disana akan ada Machoke yang memindahkan kotak-kotak. Setelah beberapa percakapan dengan ibu trainer, trainer akan bertemu dengan Profesor Birch, namun profesor berada di tanah lapang sehingga dia harus menemukannya.


Setelah bertemu dengannya, Profesor akan dikejar-kejar oleh Poochyena dan dia akan meminta trainer untuk mengambil salah satu pokeball dari ranselnya yang tergeletak di tanah. Disini trainer akan memilih Pokémon manakah yang dia inginkan, apakah Treecke, Torchic, atau Mudkip. Kemudian seperti biasanya, cerita akan berlanjut dimana trainer akan mendapat beberapa pokeball, dan memulai perjalanan untuk menjadi Pokémon Master (dan tentu saja, dia akan menangkap mereka semua).


Sebelum trainer pergi, dia akan mendapatkan sepatu berlari dari ibunya. Trainer kemudian melanjutkan perjalanan melintasi Hoenn, mengalahkan Tim Magma (versi Ruby) atau mengalahkan Tim Aqua (versi Sapphire). Dengan menggunakan Rock Smash, trainer akhirnya menyelesaikan terowongan Rusturf, dia akan menyelamatkan Wailmer di kota Lilicove, menyelamatkan dunia dari Groudon (versi Ruby) atau Kyogre (versi Sapphire), dan melakukan berbagai macam hal.


Akhirnya setelah Elite Four dikalahkan dan ketika Steven Stone memberikan gelar juara kepada trainer, saingan trainer akan datang tanpa mengetahui kalau pertarungan baru saja selesai.


Setelah itu, saingan akan menegtahui kalau pertarungan telah berakhir lalu kemudian datanglah Profesor Birch. Dia akan memberikan selamat kepada trainer dan akan melihat pokedex milik trainer. Kemudian trainer akan terdaftar pada Hall of Fame dan kredit dimulai.


Setelah kredit berakhir, trainer akan kembali di rumahnya di kota Littleroot. Di lantai bawah Norman akan memberikan S.S. Ticket untuk bisa menumpang kapal S.S. Tidal menuju Battle Tower. Pemain juga bisa berhadapan dengan Rayquaza di Sky Pillar dan juga menemukan Latios (versi Ruby) atau Latias (versi Sapphire) yang berkelana di wilayah Hoenn.


Kalimat perkenalan/pembuka

"Immerse yourself in the beautiful region of Hoenn, a place of masterful heroes and mysterious teams, of friendship and battles. As the new kid in town, you set off your journey as a Pokémon Trainer. Who knows what wonders and dangers await you? Now it's time to grab your gear and head out on your own..."


Pokémon

Version exclusives


Glitches

Kebanyakan game Pokémon memiliki beberapa glitch atau kerusakan. Di antaranya yaitu berry glitch yang tidak terkenal, yang menjadikan kebanyakan even berdasarkan waktu seperti berry tumbuh menjadi tidak mungkin setelah game dimiliki selama satu tahun atau sudah dimainkan hingga 100 jam. Glitch ini bisa dikoreksi dengan mengunduh berry patch dari bonus disc Pokémon Collosseum atau versi FireRed, LEafGreen, dan Emerald. Game ini juga memiliki beberapa Pokémon Glitch seperti ?????????? atau Bad Egg.

Kompabilitas

Tidak seperti gema-game sebelumnya, RS tidak memiliki kompablitas dengan generasi I dan II. Ini menjadikan munculnya remake dari game aslinya yaitu versi FireRed dan LeafGreen. Trading di antara kedua game ini dan game ketiga dengan berdasar regio Hoenn, versi Emerald, dimungkinkan

RS tidak dapat melakukan trade langsung dengan game-game generasi IV seperti versi Diamond, Pearl, dan Platinum. Meskipun begitu Pokémon pemain bisa ditransfer melalui Pal Park dan beberapa Pokémon generasi III bisa ditemukan menggunakan dual-slot mode.


Reception

Kedua game ini mendapat rating sempura yaitu 5 bintang dari GamePro. IGN menjadikannya sebagai “wonderful GBA follow-up to the immense Game Boy blockbuster”. Meskipun begitu, beberapa ulasan mengkritik system permainan yang berulang dengan Eurogamer berkomentar “apart from the occasional tense battle with a Gym Leader and the more sophisticated opponents later on in the game, the constant fighting and collecting mechanic gets very tired, very fast”. Game ini mendapatkan nilai rata-rata 82% oleh Metacritic.


Penghargaan

Pokémon Ruby dan Sapphire menduduki tempat kesepuluh dalam daftar 25 game Gameboy Advance terbaik sepanjang masa versi IGN.


Serba-serbi

  • Bersama dengan Emerald, versi RS adalah versi dimana player tidak dapat memilih nama untuk saingannya di awal permainan.
  • Bersama dengan Emerald, Profesor Oak tidak tampil pada versi RS.
  • Versi ini juga versi dimana pemain tidak berhadapan dengan saingannya pada babak terakhir.
  • Setelah dirilis, seseorang yang tidak diketahui namanya melakukan hack dan menjual versi Sapphire untuk Game Boy Color.
  • Versi RS dirilis di Jepang pada tahun ketiga rilisnya versi Gold dan Silver.
  • RS adalah versi pertama dimana region Kanto tidak dapat diakses.
  • Warna RS, bersama dengan Emerald memiliki warna yang sama dengan versi Red, Blue, dan Green, game-game generasi pertama.
  • Pemain diharuskan melakukan trade antar game dengan total hanya tiga.
  • Koin promosi spesial yang menampilkan Groudon dan Kyogre tersedia pada penawaran pertama RS di wilayah Amerika Utara.
  • Pada kotak versi bahasa Inggris RS, logo registered trademark Pokémon disimbolkan dengan ®. Meskipun begitu, judul dalam permainan menggunakan symbol trademark (™).
  • Ini adalah game Pokémon pertama yang memiliki FPS mencapai 60. Perubahan ini juga berlaku untuk versi FireRed, LeafGreen dan Emerald. Meskipun begitu, FPS diturunkan menjadi 30 pada game-game generasi IV.

Dalam bahasa lain

  • Perancis: Version Rubis/Version Saphir
  • Spanyol: Edición Rubí/Edición Zafiro
  • Jerman: Rubin-Edition/Saphir-Edition
  • Italia: Versione Rubino/Versione Zaffiro



pokemonDemikian ulasan mengenai game generasi ketiga ini yang rilis tujuh tahun yang lalu. Ground News sengaja menghadirkannya disini dikarenakan Pokémon legenda kesayangan kita semua, Groudon dijadikan maskot dalam versi Ruby.

Demikian Ground News edisi kali ini, jumpa lagi pada edisi selanjutnya bersama Diglett. Salam Pokémon tanah!


Diterjemahkan dari Bulbapedia dengan perubahan seperlunya.


Klik disini untuk mengunduh game Pokemon Ruby dan Sapphire.


Dipersembahkan oleh:





"

1 komentar:

Anda sopan, Sandslash pun segan...