SELAMAT MEMBACA!!!

Protected by Copyscape plagiarism checker - duplicate content and unique article detection software.

Kini blog ini fokus menayangkan fanfic Pokemon terpopuler di Indonesia, Servada Chronicles karangan L. Maulana atau yang akrab dipanggil Elite Four L.

PERHATIAN!
Sebagian gambar dan materi dalam blog ini diambil dari internet sementara sebagian lagi murni buatan Elite Four L. Elite Four L tidak akan mengklaim materi yang bukan miliknya. Dilarang mengkopi artikel dalam blog ini tanpa izin dari Elite Four L. Terima kasih.

Nama-nama dan karakter Pokemon adalah hak cipta dari Nintendo, GameFreak, Creatures Inc., dan Pokemon Company. Servada Chronicles adalah hak cipta L. Maulana / Elite Four L.

Rabu, 16 Maret 2011

GrounDex: Rhyperior

Hai, jumpa lagi dengan Sandslash di GrounDex, rubrik yang membahas mengenai Pokemon Ground alias tanah secara lengkap! Untuk kali ini Sandslash akan membahas mengenai Rhyperior, Pokemon pengebor evolusi Rhydon. Langsung saja kita bahas selengkapnya...


Data

(Klik pada gambar di atas untuk melihat data-data Rhyperior)

Deskripsi Singkat

Rhyperior, Pokemon pengebor bertipe ganda Ground dan Rock, evolusi dari Rhydon melalui trade dengan hold item Protector, tersedia sejak generasi keempat. Bentuk Rhyperior pada dasarnya serupa dengan pra evolusinya yaitu Rhydon, namun dia lebih tinggi, lebih berat, dan memiliki cula tambahan. Rhyperior memiliki ekor menyerupai tongkat gada pemukul dan tubuhnya tertutupi pelat-pelat batu berwarna oranye. Dia memiliki tonjolan menyerupai mata pisau pada sikunya dan memiliki lubang pada telapak tangannya. Tubuh Rhyperior berwarna cokelat keabu-abuan berlawanan dengan hanya abu-abu biasa. Dia juga memiliki dua pelat batu segi empat di atas matanya, menunjukkan alis mata yang berat. Cula atas pada Rhyperior betina lebih kecil dibandingkan milik Rhyperior jantan.
Rhyperior bisa memasukkan bebatuan ke dalam tangannya melalui lubang yang ada di telapak tangan dan kemudian menembakkannya seperti peluru. Terkadang secara tidak sengaja dia memasukkan Geodude ke dalamnya dan kemudian menembakkannya. Rhyperior memiliki tubuh monster yang kuat dan sangat sulit dikalahkan tanpa serangan bertipe Water dan Grass. Pokemon ini tinggal di ketinggian pegunungan dan menemukan satu saja di alam liar sangatlah sulit.


Ability

• Lightingrod: Serangan tipe Electric bisa mengenai Pokemon ini.
• Solid Rock: menurunkan damage move super effective menjadi ¼.
• Reckless: Memperkuat move yang memiliki Recoil Damage


PokeDex Entry

• Diamond & Pearl: It puts rocks in holes in its palms and uses its muscles to shoot them. Geodude are shot at rare times.
• Platinum: It can launch a rock held in its hand like a missile by tightening then expanding its muscles instantly.
• HeartGold & SoulSilver: From holes in its palms, it fires out Geodude. Its carapace can withstand volcanic eruptions.


Lokasi dalam Game

• Diamond, Pearl, Platinum, HeartGold, SoulSilver, Black, White: Evolusikan Rhydon.

STAB Move yang bisa dipelajari

• Via Level-up: Rock Blast (23), Drill Run (47), Stone Edge (52), Eartquake (62), Rock Wrecker (86)
• Via TM/HM: Knock Down (TM23), Earthquake (TM26), Dig (TM28), Rock Tomb (TM39), Stone Edge (TM71), Smooth Over (78), Rock Slide (80)
• Via Breeding: Magnitude (Father: Diglett, Dugtrio, Donphan, Numel, Camerupt)


Serba-serbi

• Rhyperior dan Rhydon memiliki spesies yang sama dengan Nidoking dan Nidqueen yaitu Drill Pokemon (Pokemon pengebor).
• Rhyperior memiliki statistik Attack tertinggi di antara tipe Ground non legenda. Rhyperior juga memiliki HP tertinggi di antara semua Pokemon tipe Rock dan tipe Ground.
• Rhyperior hanya mempelajari move bertipe Physical dan Status melalui level-up.
• Walaupun data masukan PokeDexnya di HeartGold dan SoulSilver menyebutkan kalau dia bisa bertahan dalam ledakan gunung berapi, namun Pokemon ini masih bisa terkena damage dari move bertipe Fire.


Asal Mula

Penampilan Rhyperior terlihat terinspirasi dari badak dengan beberapa aspek dinosaurus seperti Triceraptops, dan juga dari tank. Mungkin juga memiliki hubungan dengan Ankylosaurus yang memiliki ekor tongkat gada dan pelat-pelat pelindung.


Asal Mula Nama

• Dosydon (Jepang): Suku kata ”Do” di depan berarti tanah atau berarti kemarahan, atau juga awalan yang terdengar lebih kuat. ”Sy” berarti badak dan ”Don” dalam bahasa Yunani berarti gigi-gigi yang biasa digunakan dalam nama-nama Dinosaurus.
• Rhyperior (Inggris): ”Rhy” menunjukkan hubungan dengan pra-evolusinya (Rhyhorn, Rhydon), dan ”Perior” dari superior yang menunjukkan kalau Pokemon ini lebih kuat dari pra evolusinya.
• Rihornior (Jerman): ”Rihorn” diambil dari nama Jerman Rhyhorn dan ”Ior” merupakan akhiran yang bermakna ”lebih baik”.
• Rhinastoc (Perancis): ”Rhin” diambil dari Rhinoceros (badak) dan ”Astoc” dari Estoc, sebuah kata yang dimaksudkan untuk ”critical hit” atau sebuah serangan hebat dengan sebuah pedang, atau bisa juga dari Mastoc yang berarti lebih besar dan berotot.
• Chāo Tiě Bào Lóng (Cina Taipei): Artinya yaitu “T-Rex besi super”, juga bisa berarti senjata, kuat dan kejam.
• Badabor (Indonesia): ”Bada” diambil dari Badak dan ”Bor” diambil dari spesiesnya yaitu Pokemon pengebor. Bisa juga diambil dari kata ”Badabum” yang menunjukkan efek suara yang keras dan besar.

Itulah tadi pembahasan mengenai Rhyperior yang ternyata suka memasukkan Geodude ke dalam tangannya. Kasihan sekali ya Geodude? Demikian GrounDex kali ini, kita berjumpa kembali pada GrounDex edisi mendatang. Ciao!

4 komentar:

  1. 1.lg bingung Kak pingin berubahkan rhydon (skrng lv 48) ke rhyperior, padahal sudah saya beri item protector , knp kok blm berubah ke rhyperior ?
    2. Maksudnya held item tu pa memberi item ke pokemon ?

    BalasHapus
  2. 1. Cara merubah Rhydon menjadi Rhyperior melalui trade dengan hold item Protector. Jadi, hold-kan/berikan item Protector pada Rhydon milikmu lalu trade atau tukarkan dengan pemain lain/butuh dua mesin NDS. Setelah itu mintalah kembali Rhydon kamu yang telah berubah menjadi Rhyperior pada rekan trade kamu.
    2. Held item adalah memberikan item-item pada Pokemon, sehingga Pokemon kemudian membawa item tersebut. Pilihannya ada pada GIVE, bukan USE.

    BalasHapus
  3. item protectornya apa aja sih kak, saya main di unovarpg, kayaknya nggak ada deh. terus ngasihnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalau di UnovaRPG kurang tahu ya. Soalnya itu bukan resmi dari Pokemon. Secara resmi, Rhydon berevolusi menggunakan item Protector dengan trade.

      Hapus

Anda sopan, Sandslash pun segan...